DARI CAHAYA KEPADA BIDADARI

Maka… berserakanlah keping bintang bercahaya di hamparan hidupmu

PENGERTIAN MAKNA AYATULLAH Mei 4, 2007

Filed under: artikel bebas — haidarrein @ 6:47 am

Ayatullah (Bahasa Arab: آية الله; Bahasa Persia: آيت‌الله) adalah gelar tertinggi yang diberikan kepada ulama Syi’ah. Kata ini berarti “Tanda dari Allah” dan mereka yang memiliki gelar tersebut ahli dalam studi tentang Islam, seperti Syari’ah (Hukum Islam), filsafat, etika, mistik dan biasanya mengajar di sekolah pengetahuan tentang Islam (hauzah) atau pesantren kalau di Indonesia. Gelar di bawah Ayatullah adalah Hojætol-Islam (“Ahli tentang Islam”). baca selanjutnya Gelar ini diberikan secara konsensus: seorang pelajar relijius yang mendapatkan kehormatan dan kekaguman dari guru-gurunya untuk pengetahuan dan tingkah laku setelah menyelesaikan sekolah hauzah. Setelah itu ia dapat mengeluarkan fatwa tersendiri dengan bersumber pada : Al Qur’an, Sunnah, Ijma dan Aql/akal (ekuivalen dengan prinsip Sunni, Qiyas). Ayatullah kemudian dapat mengajar di hauzah sesuai dengan keahliannya dan dapat berlaku sebagai referensi bagi pertanyaan relijius dan sebagai hakim dalam bidang agama. Hanya sedikit dari dari para Ayatullah yang penting yang diberikan gelar Ayatullah Utama / Grand Ayatollah (Ayætollah-e Ozme, “Tanda terbesar dari Allah”) atau Mærjæ’e Tæqlid (“Reference for Emulation”). Hal ini terjadi bila pengikut dari seorang Ayatullah mengikuti pedoman dari dia dalam berbagai situasi dan memintanya untuk mempublikasikan fatwa-fatwanya yang merupakan jawabannya dalam berbagai pertanyaan dalam kehidupan keseharian seorang Muslim. Buku ini disebut Risalah.

 

3 Responses to “PENGERTIAN MAKNA AYATULLAH”

  1. Sejak kapan gelar ayatullah itu digunakan?, karena para ahli hadis seperti al-Kulaini ataupun ash-Shaduq tidak disebut dengan Ayatullah.

  2. haidarrein Says:

    kebetulan saya mendapat artikel ini dari wikipedia. maaf jika saya kurang tahu mengapa ahli hadist lainnya tidak diberi gelar tersebut.

  3. haidarrein Says:

    asww,
    mengenai gelar ayatullah, saya mendapat info dari kawan saya bahwa gelar ayatullah lebih tinggi terutama dalam bidang fikih, gelar ayatullah sendiri ada beberapa tingkatan, salah satunya adalah Ayatullah Uzma. kalau ahli hadist tidak mendalami fikih tidak bisa mendapat gelar seperti itu.
    untuk gelar yang pertama sebelum ayatullah adalah Hujjatul islam.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s